Selasa, 16 Juli 2013

Keberadaan Raflesia (Rafflesia atjehensis) sebagai jenis bunga terbesar di dunia, primata Orangutan Sumatra dan Kedih, pemandian air panas alami, air terjun serta kesejukan hutan hujan tropis menjadi daya tarik wisata di Hutan Wisata Gurah. Lokasi wisata ini berada di Desa Simpur Jaya Kecamatan Ketambe Kabupaten Aceh Tenggara Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Kawasan Hutan Wisata Gurah berjarak 32 km dari Kutacane (ibukota Kabupaten Aceh Tenggara) dengan waktu tempuh selama 45 menit dengan kendaraan umum dari terminal kota dan kendaraan pribadi melalui jalan raya Kutacane – Blangkejeren. Aksesibilitas, lokasi ini sangat mudah dijangkau. Dari kota Medan ke Kutacane dapat dicapai dalam waktu sekitar 6 jam dengan naik angkutan umum jenis minibus L 300 atau Kijang yang banyak tersedia di Jl. Djamin Ginting/Padang Bulan Medan melintasi kota Berastagi – Kabanjahe. Selanjutnya dari Kutacane ke kawasan Hutan Wisata Gurah cukup banyak angkutan umum yang secara rutin melayani rute ini.

Fasilitas yang tersedia di Hutan Wisata Gurah adalah jalan setapak/trail yang terdiri dari beberapa rute yang dapat dilalui oleh wisatawan tanpa perlu didampingi pemandu. Kondisi jalan setapak secara umum dalam kondisi masih cukup baik namun perlu berhati-hati untuk jalur yang menanjak. Fasilitas akomodasi yang tersedia di lokasi wisata berupa sarana penginapan dan restoran seperti guest house, Gurah Bungalow di dalam kawasan hutan dan pondok wisata (cottages) yang terdapat di pemukiman penduduk sekitar kawasan dengan tarif harga murah. Selain itu di Hutan Wisata Gurah ini juga terdapat areal Camping Ground, menara pengamat satwa, papan informasi, rambu petunjuk, shelter, kantin, areal parkir dan toko souvenir.

Fasilitas akomodasi dan konsumsi juga tersedia di pusat kota Kutacane, seperti Hotel Maron, Hotel Lawe Mamas, Wisma Eka Jaya, Wisma Tjut Nyak Dhien, Wisma Jambu Alas, Wisma Rindu Alam, Wisma Ketambe, serta Wisma Mamas. Lokasi ini telah cukup dikenal dan ramai dikunjungi oleh wisatawan nusantara/lokal dan mancanegara.

Curah hujan rata-rata pertahunnya 2.344 mm, dengan suhu rata-rata harian pada siang hari tertinggi 26ºC dan terendah 22ºC. Topografi, memiliki tipe ekosistem dataran tinggi dan pegunungan disamping itu topografi landai (sekitar camping ground) pegunungan yang berbukit dan bergelombang. Aneka tumbuhan dan satwa yang terdapat di lokasi wisata ini berupa kantong semar, cendawan anggrek Hutan, matoa, Jelutung, Kayu Karang dan kayu kapuk, sedangkan fauna yang terdapat dikawasan ini berupa Siamang, beruang madu, kera ekor panjang, beruk, Harimau sumatera, aneka burung dan kupu-kupu. Lokasi ini sangat bagus untuk pengamatan atraksi burung.

Masyarakat setempat umumnya bekerja di sektor pertanian. Beberapa pemuda setempat memanfaatkan waktunya dengan bekerja sebagai pemandu wisata. Pada saat tingkat kunjungan tinggi, memandu wisatawan merupakan pekerjaan utama disamping pekerjaan lainnya. Mayoritas masyarakat sekitarnya adalah suku Gayo.

Sumber Air Panas berada 2 km dari jalan raya Kutacane – Blangkejeren dan dapat dicapai 2 jam dengan berjalan kaki dari Desa Simpur Jaya. Sumber aliran sungai air panas ini berasal dari celah bebatuan di tepi Sungai Gurah. Airnya cukup hangat dan tidak terlalu panas sehingga sangat memungkinkan untuk mandi berendam di dalam air. Lokasi ini juga menarik sebagai lokasi berkemah dan trekking menjelajah hutan. Di sekitar objek air panas ini terdapat bunga langka dan unik yang dikenal dengan nama bunga rafflesia.

Lokasi Camping Ground untuk berkemah ini dekat dengan aliran air panas Sungai Gurah. Dibutuhkan sekitar 45 menit untuk mencapainya dengan berjalan kaki menjelajah hutan. Di lokasi ini terdapat pondok sederhana yang dibangun oleh Balai Besar TNGL. Jika berjalan terus mengikuti arus sungai air panas Lawe Gurah kearah hulu, sekitar 0,5 jam kemudian akan dijumpai lokasi air terjun dengan ketinggian 4 meter. Biasanya lokasi ini dimanfaatkan oleh wisatawan untuk bermalam menikmati suasana alam hutan hujan tropis.

Kegiatan wisata yang dapat dilakukan berupa rekreasi sungai, mengarungi jeram dengan rubber boat, trekking menyingkap rahasia hutan hujan tropis, mengamati atraksi satwa, berkemah di areal camping ground, bermalam di air terjun, mandi air panas alami, dan menyaksikan kesenian budaya lokal yang sangat atraktif. 

Kelemahan dari tempat ini diantaranya adalah sangat minimnya fasilitas-fasilitas pendukung yang ada di tempat ini. Seperti : sarana toilet, tempat peribadatan dan tourist information. Sehingga, banyak para turis yang kebingungan ketika berada di tempat ini. Selain itu pusat fasilitas akomodasi hanya berada di pusat kota Kutacane, seperti Hotel Maron, Hotel Lawe Mamas, Wisma Eka Jaya, Wisma Tjut Nyak Dhien, Wisma Jambu Alas, Wisma Rindu Alam, Wisma Ketambe, serta Wisma Mamas. Selain itu yang paling berbahaya adalah di kawasan ini ada bebebarapa titik yang ternyata mengalami “penggundulan” karena penebangan liar.  Sehingga, bahaya ancaman bencana longsor sering menghantui para wisatawan.



9 komentar :

  1. Artikelnya sangat bagus. jadi kepingin ke tempat wisata hutan gurah. Kunjungi kami juga yah..dipembuatan waterboom:
    Kontraktor Waterboom

    BalasHapus
  2. syang tempatanya jauh,tapi bisa di jadikan target nih untuk mengisi waktu liburan. apalagi hutan udaranya masih sejuk dan segar. Mungkin di tempat anda belum ada wahan waterboom??
    silahkan kunjungi situs kami untuk melihat kolesi pembuatan waterboom:
    Kontraktor Waterboom

    BalasHapus
  3. Wow, it is unique trip experience for the visitors. Thanks for sharing it, Taj Mahal Tour By Car and by luxury train travel.

    BalasHapus
  4. This is very useful tips to sharing the best points of the tourists. Golden triangle tour 6 days and 7 nights of there.

    BalasHapus
  5. bakalan jadi target ekpedisi kalo pulang ni. thanks infonya salam kenal ya

    BalasHapus
  6. http://pelangimerah99.blogspot.co.id/2017/11/ini-harapan-maverick-vinales-saat-tes.html
    http://pelangimerah99.blogspot.co.id/2017/11/ancelotti-dinilai-layak-latih-timnas.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At Pelangikita.com ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami
    - BBM : D8C5975D
    - WHATSAPP : +855 98 874 349
    - LINE : poker_pelangi

    BalasHapus
  7. You have Included Very Good point into your article, I just Loved It. To Sell Buy commercial shop In Delhi NCR, Buniyad real estate is good website as per my knowledge

    BalasHapus
  8. Thanks for sharing this beautiful destination tour guide with us, i glad to read this information that will be helpful for us. Same Day Taj Mahal Tour By Car

    BalasHapus