Selasa, 16 Juli 2013

Kawah Putih terletak di daerah Selatan Kota Bandung, berjarak 46 km atau 2,5 jam dari Kota Bandung sampai pintu gerbang menuju lokasi kawah.Daripintu masuk hingga ke kawah jaraknya sekitar 5 km atau bisa ditempuh sekitar 20 menit. Melalui jalan beraspal yang berkelok-kelok dengan pemandangan hutan alam dengan aneka ragam species tanaman

Dilihat dari beberapa sudut pandang lingkungan, sosial dan budaya. Objek wisata kawah putih merupakan satu media dimana ketiga unsur tersebut dapat menjadi satu dan menghasilkan suatu sinergi yang dapat merangsang pembangunan yang berkelanjutan, baik bagi masyarakat maupun lingkungan, dengan berbasis ekowisata. 

A. Ekowisata
Kawah Putih yang berada di puncak gunung patuha yang memiliki ketinggian 2.434 m dpl dengan kisaran suhu 8-22 derajat celcius ini didominasi oleh tanaman hutan hujan tropis selama perjalanan menuju lokasi. Disekitar kawah banyak dijumpai tanaman cantigi dan lemo serta vaccinium sebagai vegetasi khas daerah kawah. Selain itu, terdapat beberapa fauna yang berada disini, seperti elang, monyet, kancil, macan kumbang dan macan tutul. Semenjak dijadikan objek wisata oleh PT. Perhutani Unit III Jabar dan Banten, objek wisata kawah putih banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun wisatawan luar negeri. Kedatangan wisatawan ke tempat ini memiliki dampak positif dan negatif terhadap flora dan fauna yang berada di Kawah Putih.

Salah satu dampak negatif dari kedatangan wisatawan ke objek wisata ini adalah vandalisme. Seperti corat-coret di lokasi wisata, pemetikan tanaman dan perusakan habitat flora dan fauna, serta yang paling miris adalah membuang sampah sembarangan. Hal ini tentu akan menjadi masalah jangka panjang jika tidak segera ditangani oleh pemerintah atau pengelola objek wisata Kawah Putih. Masalah tersebut dapat berupa hilangnya vegetasi khas Kawah Putih serta tanaman hutan hujan tropis lainnya yang merupakan tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa fauna.

B. Etnologi 
Selain sebagai kawasan hutan lindung, PT. Perhutani unit III dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengadakan festival Kawah Putih yang diisi oleh berbagai kesenian tradisional masyarakat sunda seperti Karinding, Celempung, kecapi suling dan angklung  dipaduserasikan dengan prolog legenda Kawah Putih. Hal ini dilakukan untuk merangsang minat wisatawan datang ke objek wisata ini setelah dilakukan penutupan selama 3 bulan. Selain itu bertujuan untuk memperkenalkan kepada wisatawan mengenai kebudayaan sunda. 

C. Ekonomi
Kawah Putih yang telah dibuka sejak tahun 1987 ini memberikan banyak manfaat bagi masyarakat di sekitar objek wisata. Masyarakat yang sehari-harinya berprofesi sebagai petani, saat hari libu atau weekend, beralih profesi menjadi pedagang kaki lima yang menjajakan makanan, minuman serta oleh-oleh khas dari Kawah Putih.

Selain masyarakat sekitar objek wisata yang meraup keuntungan, masyarakat di sepanjang jalan menuju objek wisata pun ikut merasakan untung atas dibukanya objek wisata ini. Masyarakat yang memiliki perkebunan strawbery yang biasanya setiap panen mereka jual ke kota, kali ini mereka membuka usaha dengan memperbolehkan wisatawan untuk langsung datang dan memetik sendiri strawbery yang telah matang.

Bahkan, masyarakat yang berprofesi sebagai supir angkutan kota maupun ojek. Mendapatkan hasil yang lebih dari biasanya. Karena kedua angkutan umum ini merupakan sarana transportasi penting untuk menuju objek wisata ini. Bagi mereka yang tidak memiliki keahlian untuk mengendarai mobil atau memiliki cukup modal untuk menjadi PKL. Mereka memilijh untuk menjadi juru parkir di objek wisata ini.

4 komentar :

  1. Artikelnya bagus dan menarik. jadi kepengin ke kawah putih. semoga suatu hari nanti bisa berkunjung ke sana.
    Kami menyediakan jasa pembuatan wahana waterboom
    Kontraktor Waterboom

    BalasHapus
  2. objek wisata yang bisa di rekomendasikan untuk dikujungi. bisa di jadikan tujuan mengisi waktu liburan. saat wisata waterboom sudah sangat menjamur.bila anda mau membuat wahana waterboom percayakan kepada kami untuk membuatnya. silahkan mampir disini:
    Jasa Pembuatan Waterboom

    BalasHapus
  3. Alam yang sangat indah di sana... Berbagi video tentang Li River di Guilin China di youtube https://youtu.be/Dk3oSC17xdo
    Baca juga artikel di http://stenote-berkata.blogspot.com/2017/12/perjalanan-sepanjang-sungai-li.htm

    BalasHapus
  4. You have Included Very Good point into your article, I just Loved It.
    Rent commercial land In Delhi NCR, Buniyad real estate is good website as per my knowledge

    BalasHapus