Kamis, 11 Juli 2013

Pondok Bali yang Hilang

Ada yang tau Pantai Pondok Bali? Pantai di Jawa Barat yang paling dekat dari Kota Bandung ini berada di Kabupaten Subang. Secara administrasi letak Pantai Pondok Bali berada di Desa Mayangan, Kecamatan Pamanukan, Subang Jawa Barat –Indonesia. Adapun waktu tempuh yaitu dari Kota Subang sekitar 40 menit ke arah utara sedangkan dari Bandung sekitar 2,5 jam dan dari Jakarta via tol Cikopo lalu masuk jalur pantura dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam serta dari Pamanukan kurang lebih 15 menit. Maaf, saya menyebutkan lama perjalanan tersebut jika anda berada di Tahun 2000-an. Jika anda pergi ke Pondok Bali di tahun 2013 ini mungkin anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari Kota Subang, jika dari Bandung sekitar 3,5 Jam dan dari Pamanukan sekitar 45 menit. Waaaww.. mungkin anda akan kaget dengan perbedaan waktu tempuhnya. Ya, memang seperti itu adanya. Jalanan yang rusak, macet, kendaraan-kendaraan besar yang mogok ditengah jalan mungkin akan menjadi kendala ketika anda hendak ke Pondok Bali


Pondok Bali tidak ada hubungannya dengan Pulau Bali. Menurut beberapa sumber, Pondok Bali merupakan 'pondokan' yang didiami oleh Wali. Tapi kata Wali lambat laun berubah huruf awalnya menjadi 'B'. Nah, jadilah pondok Bali. Begitulah kira-kira ceritanya.

Anda benar-benar perlu merencanakan matang-matang jika ingin berkunjung ke Pondok Bali. Karena menurut beberapa sumber, Pantai Pondok Bali berpasir putih, sepi, tenang, dan cocok buat kalian yang ingin bersantai. Yaaaa.. mungkin sumber tersebut menulis artikelnya pada Tahun 2000-an. Berbeda dengan sekarang dan saat ini. Tahun 2013, ketika semuanya berbalik. 


Mencuri waktu di sela-sela kesibukan, kami pergi menuju Pondok Bali. Kebetulan posisi saat itu sedang berada di Daerah Pamanukan sehingga memutuskan untuk menggunakan sepeda motor saja. Saat itu, kami pergi sekitar pukul setengah 5 sore. Ya, berharap dapat melihat sunset di Pondok Bali yang katanya tidak kalah bagus dari pantai-pantai di Pulau Bali.

Perjalanan yang kami pikir akan mengasyikan, ternyata "Benar-Benar Mengasikan". Serius, ini "Benar-Benar Mengasikan". Setelah melewati flyover Pantura, kendaraan kami arahkan menuju Utara. Karena menurut petunjuk jalan dan beberapa kawan, Pondok Bali arahnya ke Utara. Melewati Desa Lengkong Jaya, jalanan masih cukup bagus. Hanya lubang-lubang kecil di kiri-kanan jalan, miriplah seperti di Bandung. Desa Bobos pun terlewati, lubang semakin banyak, hari semakin redup tanpa matahari, ditemani pematang sawah di kiri jalan yang luasnya berpuluh-puluh hektar, Desa Legonkulon sudah jauh dibelakang, Jalanan semakin menunjukan Jati dirinya. Lubang-lubang semakin besar, hamparan sawah sudah habis digantikan pemukiman warga. Disebelah kanan jalan sekarang sudah aliran sungai menyerupai muara. Dengan beberapa kapal tongkang milik masyarakat Desa Mayangan. 



Bersambung....




0 komentar :

Posting Komentar